Sabtu, 03 Maret 2012

Etnosentrisme Artinya?


Dalam postingan kali ini saya akan sedikit membahas etnosentrissmee di Indonesia.
Etnosentrisme merupakan pandangan subjektif terhadap kebiassaan orang, etnosentrissme merupakan suatu suatu paham yang merubah cara pikir orang terhadap cara piker orang lain yang berbeda sehingga mereka menganggap yang paling benar, pandangan sempit inilah yang kadang menjerumuskan seseorang terhadap suatu yang berbeda dan salah dimata mereka.
Selama ada manusia  disitu pula akan terdapat etnosentrisme. Kenapa? Karena manusia merupakan makluk yang selalu ingin menjadi subjek dalam kehidupan, manusia akan akan berusaha untuk tampil beda dalam kehidupan social mereka, entah itu berdasarkan paham yang mereka dapatkan sejak lahir ataupun mereka dapatkan pada waktu bersosial.
Timbulnya paham etnosentrisme  berasal dari cara pikir seseorang yang berbeda dengan cara pikir orang lain, cara pikir ini mulai timbul karena didukung fakta – fakta yang benar dimata mereka, dengan kebenaran subjektif inilah mereka tampil beda dan memandang orang lain yang mempunyai cara pikir berbeda lebih rendah.
Kita ambil salah satu contoh paham etnosentrisme di indonesia yaitu mengenai komunitas fans suatu band, kita khususkan lagi dengan mengambil contoh komunitas X (grup band Rock) dengan komunitas  Y(grup band pop). Kedua band ini memiliki perbedaan pada jenis musik mereka yaitu rock dan pop. Banyak statement yang dilontarkan oleh kedua pihak ini mengenai jenis musik mereka:
Y:
1.       Mereka berpendapat bahwa musik adalah sarana untuk menghibur seseorang dan enak untuk didengarkan. Maksud enak didengarkan disinini adalah musik slow pop dengan lirik- lirik tentang cinta.
2.       Mengapa harus tetang cinta? Karena cinta merupakan suatu hal yang dimiliki oleh setiap orang.

X:
1.       Mereka berpendapat bahwa musik adalah sarana untuk menghibur seseorang dan enak untuk didengar. Maksud dari enak disini adalah musik rock dengan lirik – lirik tentang kebebasan.
2.       Mengapa harus tentang kebebasan? Karena manusia hidup dengan peraturan peraturan yang membatasi seseorang dalam segala hal. Jadi dengan lirik lirik lirik kebebasan dan kadang mengandung unsur pemberontakan akan lebih bisa untuk mengalihkan emosi para komunitas X terhadapa ketidak adilan dunia.
Berdasarkan  kedua aliran ini, kita dapat melihat perbedaan - perbedaan tentang musik mereka. Dari sinilah timbul paham – paham tentang etnosentrisme yaitu  mereka akan memandang musik yang berbeda dengan gaya mereka adalah orang yang tidak tahu akan musik.

Kesimpulan dari etnosentrisme diatas adalah.
Bukankah musik bertujuan untuk menghibur seseorang, entah itu musik pop, rock, dangdut, hip hop, campur sari, dll.

1 komentar:

  1. Bagus sekali kawan... postingan kawan sangat sesuai dengan jiwa anak muda yang menyukai musik :)
    Beda musik tapi tetep Asyik...

    BalasHapus