Senin, 12 Maret 2012

Transgender


Dimana ada kemauan disana ada jalan dimana ada kemaluan di sini ada persoalan, begitulah potongan lirik dari grup panas dalam. dari kemaluan terciptalah suatu peran- peran manusia yaitu peran sebagai seorang lelaki sesungguhnya dan sebagai seorang wanita sesungguhnya, tetapi kadang kita menemukan suatu peran seseorang yang tak sesuai dengan kemaluannya yaitu pria yang memiliki sifat ke wanita- wanitaan atau umum kita sebut dengan transgender, transgender juga merupakan seseorang lelaki yang merasa dia salah dilahirkan karena ketidak sesuaian antara perilaku dengan  jenis kelamin yang dia miliki. Menurut  Juwilda (2010: 3)
“Transgender adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan orang  yang melakukan, merasa, berpikir atau terlihat berbeda dari jenis kelamin yang  ditetapkan saat mereka lahir. "Transgender" tidak menunjukkan bentuk spesifik  apapun dari  orientasi seksual orangnya”.

Berdasarkan pernyataan – pernyataan dia atas dapat disimpulkan bahwa transgender merupakan perilaku seorang laki laki yang mana mereka merasa salah dilahirkan karena ketidak sesuaian antara jenis kelamin dengan sifat atau peran mereka.

Sebab – sebab terjadinya transgender:
Faktor dari dalam, meliputi:
Atau faktor genetik yang mana terdapat permasalahan antara jumlah kromosom, hormon dalam tubuh seseorang
Faktor lingkungan, meliputi:
Lingkungan,meliputi  pendidikan dan pengawasan yang kurang pada masa kecil dengan membiarkan perilaku seorang anak pria berperilaku layaknya wanita. Transgender terjadi pada usia remaja biasanya karena trauma, mungkin gagal,kecewa dalam urusan percintaan.

Sebagai seorang  guru kita semua harus memperhatikan anak didik kita apakah ada keanehan dengan anak didik kita, sehingga kita juga berperan dalam mengetahuai perkembangan mereka dan kebutuhan- kebutuhan yang mereka perlukan dalam melanjutkan kehidupan ke arah dewasa mereka.
Juwilda. 2010.Transgender Manusia Keragaman dan Kesetaraan. Makalah. Indralaya: Pendidikan FKIP UNSRI. Makalah tidak dipublikasikan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar